RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Pengelolaan Informasi
Paket Keahlian : Teknik Komputer & Jaringan
Kelas / Semester : X / 1
Materi Pokok : Pengenalan menu
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
- Kompetensi Inti ( KI )
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Menghayati dan mengamalkan perilaku ( jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan human iora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
- Kompetensi Dasar ( KD )
Mengenali menu serta tombol shortcut perangkat lunak
pengolah kata
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran perangkat pengolah kata serta menerapkannya
- Bekerjasama dan toleran terhadap sesama siswa
- Menjelaskan dan menjalankan fungsi menu pengolah kata.
- Tujuan Pembelajaran
Melalui
kegiatan penjelasan guru tentang aplikasi pengolah kata, maka pemberian tugas
mengenali menu aplikasi pengolah kata diharapkan siswa terlibat secara aktif
dalam pembelajaran yang disertai dengan jobsheet yang telah diberikan dan menganalisis
(questioning) serta membuat kesimpulan mengenai aplikasi pengolah kata sehingga siswa terbiasa menemukan suatu
konsep, teori, aturan, atau pemahaman melalui contoh-contoh yang ia jumpai
dalam kehidupannya.
- Materi Pembelajaran
Mengenali menu serta tombol shortcut perangkat lunak
pengolah kata
- Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran :
Berpusat pada siswa ( Student Centered )
Metode Pembelajaran :
Project Based Learning
- Kegiatan Pembelajaran
( Pertemuan 1 : )
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran
2.
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan
pengalaman peserta didik
3.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan dengan
tema yang akan dibelajarkan
4.
Mengajar peserta didik melakukan kegiatan yang
berkaitan dengan materi
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Menjelaskan konsep pengolah kata
2.
Menjelaskan pengolah kata dalam kehidupan sehari-hari
3.
Menjelaskan dan mendemonstrasikan fungsi menu home dan shortcut pada
menu home dalam aplikasi pengolah kata
|
75 menit
|
Penutup
|
1.
Melakukan refleksi dan mencatat hal-hal penting dalam bentuk
rangkuman dengan melibatkan peserta didik
2.
Menindaklanjuti pembelajaran hari ini dengan melihat
hasil akhir pekerjaan siswa sesuai dengan materi belajar yang baru saja di
pelajari
3.
Follow-up pada siswa untuk materi minggu depan
|
15 menit
|
( Pertemuan 2 : )
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran
2.
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan
pengalaman peserta didik
3.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan dengan
tema yang akan dibelajarkan
4.
Mengajar peserta didik melakukan kegiatan yang
berkaitan dengan materi
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Menjelaskan dan mendemonstrasikan fungsi menu insert dan shortcut pada
menu insert dalam aplikasi pengolah kata
|
75 menit
|
Penutup
|
1.
Melakukan refleksi dan mencatat hal-hal penting dalam bentuk
rangkuman dengan melibatkan peserta didik
2.
Menindaklanjuti pembelajaran hari ini dengan melihat
hasil akhir pekerjaan siswa sesuai dengan materi belajar yang baru saja di
pelajari
3.
Follow-up pada siswa untuk materi minggu depan
|
15 menit
|
( Pertemuan 3 : )
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran
2.
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan
pengalaman peserta didik
3.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitan dengan
tema yang akan dibelajarkan
4.
Mengajar peserta didik melakukan kegiatan yang
berkaitan dengan materi
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Menjelaskan dan mendemonstrasikan
fungsi menu page layout dan shortcut
pada menu layout dalam aplikasi pengolah kata
|
75 menit
|
Penutup
|
1.
Melakukan refleksi dan mencatat hal-hal penting dalam bentuk
rangkuman dengan melibatkan peserta didik
2.
Menindaklanjuti pembelajaran hari ini dengan melihat
hasil akhir pekerjaan siswa sesuai dengan materi belajar yang baru saja di
pelajari
3.
Follow-up pada siswa untuk materi minggu depan
|
15 menit
|
- Alat / Media/ Sumber Belajar
- Modul Aplikasi Pengolah kata berupa file
- Buku referensi dan artikel yang sesuai
- Internet
- Lembar Kerja Siswa / Jobsheet
- File dalam bentuk softcopy
- In Focus / TV LCD
- Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian : Pengamatan, Kinerja, dan Tes Tertulis
2. Prosedur Penilaian
Penilaian Kinerja
No
|
Aspek yang dinilai
|
Sikap
|
Pengetahuan
|
Ketrampilan
|
Jumlah Skor
|
|||||||||
Nama
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
Kriteria Penskoran : 1 = Kurang 2
= Cukup 3 = Baik 4 = Amat Baik
Kriteria Penilaian : Jumlah skor < 3 : D
4
< Jumlah skor < 6 :
C
4
< Jumlah skor < 6 :
B
10 <
Jumlah skor < 12 : A
Rubrik
Penilaian Kinerja :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
|
1 = Tidak aktif dalam
pembelajaran
2 = Cukup aktid dalam
pembelajaran
3 = Aktif dalam pembelajaran
4 = Amat aktif dalam
pembelajaran
|
2.
|
Pengetahuan
|
1 = Tidak memahami konsep
pemecahan masalah
2 = Cukup memahami konsep
pemecahan masalah
3 = Memahami konsep pemecahan
masalah
4 = Amat memahami konsep
pemecahan masalah
|
3.
|
Ketrampilan
|
1 = Tidak terampil melaksanakan
prosedur pemecahan masalah
2 = Cukup terampil melaksanakan
prosedur pemecahan masalah
3 = Terampil melaksanakan
prosedur pemecahan masalah
4 = Amat terampil melaksanakan
prosedur pemecahan masalah
|
3.
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar :
Tes Tertulis
Pedoman
Penskoran :
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Jawaban Soal Pilihan Ganda :
|
20
|
Skor Maximal untuk soal pilihan
ganda : 2 x 10 = 20
|
||
2.
|
Kunci Jawaban Soal Uraian
|
|
Kunci Jawaban Soal No. 01
Program yang bisa digunakan
untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
Selain menulis dokumen, Aplikasi pengolah kata juga dapat digunakan untuk
bekerja dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun
yang lainnya.
|
10
|
|
Kunci Jawaban Soal No. 02
|
20
|
|
Kunci Jawaban Soal No. 03
|
20
|
|
Kunci Jawaban Soal No. 04
|
10
|
|
Kunci Jawaban Soal No. 05
|
10
|
|
Skor maksimal untuk soal uraian
: 70
|
![](file:///C:\Users\USER\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
Nilai = Skor
yang di peroleh x 100
Skor maksimal (70)
Mengetahui,
Kepala SMK…….. Guru
Mapel Pengelolaan Informasi
…………………… ……………………
NIP. …………… NIP. ……………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar